Trik Jitu Menjala Ikan Nilem Menggunakan Umpan Daun Singkong

Hai gan ketemu lagi dengan saya di blog mancing,pada kesempatan ini saya akan menuliskan tentang Trik Jitu Menjala Ikan Nilem Menggunakan Umpan Daun Singkong.
umpan nilem 

Menjala adalah salah satu kegiatan para nelayan untuk menghasilkan ikan,baik dilaut,disungai,dimuara ataupun dikolam,nah pada kesempatan ini saya akan membahas menjala di sungai ataupun disitu untuk menangkap ikan hususnya ikan nilem.

Ikan nilem merupakan ikan air tawar yang menyukai dedauanan ataupun bebuahan,mereka akan sangat bergerombol apabila kita perangkap dengan cara mengasih umpan daun singkong,tidak hanya daun singkong ikan nilem juga biasanya menyukai jenis dedaunan lainnya.

Kebiasaan ikan nilem yang hidupnya bergerombol dan menyukai tempat berderas ini cirri hususnya ialah memepunyai mulut kecil,jadi untuk memancing ikan nilem ini seharusnya dengan peralatan tertentu,bahkan biasanya ikan nilem ini akan sangat sulit untuk didapat apabila kita memancingnya hususnya di sungai ataupun di situ-situ.

Teknik menjala inilah salah satu trik mudah agar siikan nilem dapat kita dapatkan,nah unuk jalanya juga biasanya menggunakan ukruan yang sedang saja ditakutkan ketika kita menjala ukuran si ikan nilemnya kekecilan atau anakan,jadi kalau kita gunakan yang besar makan si ikan yang kecilnya tidak akan didapat.
menjala

Adspun peralatan atau bahan yang harus kita persiapkan ialah:

ALAT

  • Jala
  • Tali rapia
  • Batu (sebagai pemberat)

UMPAN

  • Daun Singkong

CARANYA

Pertama kita siapkan dulu alat dan bahan tadi kalau sudah terkumpul kita ikan daun singkong tadi kalau bisa yang agak banyak agar si umpannya dapat bertahan lama dan agar si ikan nilemnya dapat berkumpul secara lama karena ada makanan,setelah itu ikat saja si daun singkong dan kasih pemberat,ya batu tadi itu yang menjadi pemberatnya itu guananya batu yang tadi.

Kalau sudah semuanya kita tinggal cari saja spot dimana kita akan menngkap ikan nilem tadi,usahakan dalam membuat umpan daun singkong tadi jangan hanya satu saja kita buat secara banyak agar kita dapat melempar banyak umpan atau ke beberapa titik.

Tinggal lemparkan saja kesungai umpan yang kita buat tadi,jangan lupa pemberatnya,karena kalu tidak pakai pemberat otomatis si umpannya akan terbawa arus.Tinggal diamkan saja bebrapa jam menunggu si umpannya dimakan ikan nilem,kalau sudah tinggal jala saja.

Untuk menjalanya juga jangan sampai waktu dijalan kita langsung tarik si jalanya,kit harus menyelam untuk mendapatkan atau memastikan siikan tersebut ada dan tidaknya di dalam jala kita karena biasanya ikan nilem akan mudajh untuk kabir atau bersembunyi saat didalam jala jadi mereka berhasil lolos dari jala.

Gimana gan mudah kan?semoga bermanfaat dan menambha wawasan tentang memancing hususunya menjala,itu saja yang dapat saya tuliskan,atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.”SALAM MANCING”

2 Responses to "Trik Jitu Menjala Ikan Nilem Menggunakan Umpan Daun Singkong"