Mengenal Perbedaan Ikan Gabus dan Ikan Toman

Ikan sangatlah banyak jenisnya bahkan tidak terhitung dan belum ada jenis ikan yang kita ketahui jenis dan namanya karena ikan tidak ada habisnya dan banyak sekali populasinya,karena spertiga bumi kita ialah mahluk yang hidup di air.


Ikan air tawar juga sangatlah beragam jenisnya,bahkan populasinya dan juga habitatnya,nah pada kesempatan ini saya akan menuliskan tentang Mengenal Perbedaan Ikan Gabus dan Ikan Toman.




Ikan toman dan ikan gabus merupakan jenis ikan yang masih sekeluarga atau lebih tepatnya mereka masih termasuk dalam kelompok atau jenis ikan predator.

Biasanya ikan toman sangatlah berwarna bentuknya dan ukurannyapun agak besar dibanding ikan gabus,ikan gabus cenderung memiliki satu warna saja tetapi ikan toman bisanya mereka mempunyai beberapa motip warnanya.

Perbedaan ikan gabus dan ikan toman ialah :

  • IKAN TOMAN


Komoditi ikan toman (snakehead) raksasa berwarna merah , dengan garis-garis lateral yang oranye dan hitam muncul setelah sekitar dua bulan.

Sebagai toman juga mengalami perubahan garis-garis dan kemerahan , dan malah mengembangkan pola kebiruan – hitam dan putih pada tubuh atasnya.

ikan yang dijual dalam perdagangan ikan akuarium yang biasa disebut ” snakeheads merah “. Mereka bisa mendapatkan hingga 4 kaki panjang dan berat sampai 44 kg toman raksasa adalah yang paling agresif dari 30 spesies snakeheads lainya.

Spesies ini memiliki kemampuan untuk melompat ke darat dan menghirup udara , meskipun mereka hanya mampu melakukan hal ini di daerah berlumpur atau rawa, maka ikan ini juga di juluki dengan nama ” Mudfish”.

Kemampuan untuk menghirup udara dengan menggunakan paru-paru primitif terletak tepat di belakang insang memungkinkan untuk bertahan hidup di genangan air, di mana kandungan oksigen dalam air sangat rendah, dengan muncul ke permukaan dan mengambil sedikut udara.

Hal ini juga memungkinkan toman untuk melakukan perjalanan jarak pendek di lumpur , meskipun tidak mampu untuk berburu saat di lumpur , karena tidak dapat mengendalikan dirinya sendiri sama sekali dengan sirip kecil dibandingkan dengan tubuhnya yang besar .

  • IKAN GABUS


Ikan gabus memiliki kepala berukuran besar dan agak gepeng mirip kepala ular (sehingga dinamai snakehead). Terdapat sisik-sisik besar di atas kepala. Sirip punggung memanjang dan sirip ekor membulat di ujungnya. Sisi atas tubuh dari kepala hingga ke ekor berwarna gelap, hitam kecokelatan atau kehijauan. Sisi bawah tubuh putih. Mulut besar, dengan gigi-gigi besar dan tajam.

Ikan gabus biasa ditemukan di perairan umum sebagai ikan liar. Banyak ditangkap di danau, rawa, sungai, dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah. Di Indonesia, ikan gabus awalnya hanya terdapat di barat garis Wallacea (Sumatera, Jawa, dan Kalimantan).

 Pada beberapa daerah yang dilalui aliran sungai besar, rawa-rawa, danau, kolam, sawah dan lain sebagainya atau memasuki kolam-kolam pemeliharaan ikan dan menjadi hama yang memangsa ikan-ikan peliharaan. Oleh sebab itu ikan ini acap kali ditemui "berjalan" di daratan khususnya di malam hari di musim kemarau mencari tempat lain yang masih berair.

Mungkin itu saja yang dapat saya tuliskan pada kesempatan ini,semoga dapat bermanfaat dan memeberikan informasi hususnya tentang ikan gabus dan ikan toman,atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

3 Responses to "Mengenal Perbedaan Ikan Gabus dan Ikan Toman"

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10%

    ReplyDelete
  2. Main Games sambil cari Rupiah ?? Caranya gampang kok..

    Gabung aja bersama Agen Poker S1288POKER !!

    Segera jadikan S1288POKER sebagai Agen Poker Pilihan Anda.

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : 7AC8D76B
    WA : 08122221680

    ReplyDelete
  3. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete