Ikan Betok dan Habitatnya

HAI-HAI gan ketemu lagi dengan saya di blog mancing pada kesempatan ini saya akan menuliskan tentang Ikan Betok dan Habitatnya.



Ikan batok merupakan jenis ikan air tawar yang mana ikan betok ini termasuk ikan yang sanga kuat atau mampu bertahan hidup di air dan juga di lumut.


Ikan betok biasanya akan berada di air yang tenang  dipinggiran-pinggiran sungai itu,ikan betok sangat menyukai rawa-rawa,sungai bahkan di kolam juga ikan betok ini sangat menyukainya.

Air yang agak dalam biasanya menjadi salah satu tempat mereka bersembunyi,ikan betok termasuk ikan yang sangatlah santai atau tidak terlalu agresif beda halnya dengan ikan – ikan lainnya.

Untuk bentuknya ikan ini sangatlah unik,badannya yang menyerupai ikan gabus tapi mempunyai tulang punggung seperti ikan jaer,sisiknya sangatlah keras dan kuat.

Kalau dilihat-lihat ikan betok menurut saya sangat menyerupai ikan gabus pada umumnya,kalau dilihat dari kepalanya,mulutnya yang lebar ketika memakan makanannya.

Habitatnya ikan betok akan tersebar di seluruh sungai dan mereka berkembang biak secara cepat dan banyak,karena ikan betok dapat bertahan hidup lama jadi ikan ini dalam perkembangannya juga atau ekosistemnya juga akan sangatlah mudah dan cepat.

Untuk makanannya ikan betok sangatlah menyukai ikan-ikan kecil seperti impun,jadi apabila di sungai atau rawa-rawa mereka biasanya akan sangat menyukai ikan-ikan kecil itu.



Udangpun sangatlah menjadi salah satu makanan paforit mereka,jadi untuk memancing ikan betok cukuplah memakai umpan udang,selain itu juga umpan cacing adalah salah satunya.

Cara untuk menegetahui ikan betok biasanya kita harus mencari rawa-rawa yang banayk rerumputanya atau banya tumbuhan-tumbuhannya disekitar rawa tersebut,karena kalau banyak rerumputan arau tumbuhan-tumbuhan maka disitulah tempat persembunyian mereka atau dapat dijadikan sebagai perlindungan mereka bahkan sebagai tempat tinggal juga.

Untuk pertumbuhannya ikan betok tidak terlalau besar ukurannya tidak seperti ikan-ikan lainnya,karena ikan ini hanya tumbuh sekitar 6-7 cm aja untuk ukurannya.

Untuk rasanya ikan betok lumayan agak enak,namun agar lebih enak alangkah baiknya saat mengolah atau memasak ikan betok saya rekomendasikan si ikan betok itu harus digoreng sampai kering agar sampai renyah,karena kalau di bakar ikan betok tidak akan mempunyai danging besar karena ukurannya kecil jadi kalau dibakar saat memakannya juga akan tanggung,kalau di goreng sampai kering jadi dapat dimaan semuanya.

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini,mudah-mudahan dapat menambah iformasi dan wawasan anda hususnya tentang ikan betok ini,atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

0 Response to " Ikan Betok dan Habitatnya"

Post a Comment