Ikan Glodok

Hai gan ketemu lagi dengan saya di blog mancing,oke kali ini saya akan menuliskan tentang Ikan Glodok.



Ikan glodok termasuk hewan ampibi,mereka hidup di dua alam yaitu air dan darat,ikan glodok biasanya terdapat atau akan sering kita jumpai di tepian sungai ataupun muara-muara,disana akan kita jumpai habitatnya,mereka sangat menyukai tempat yang berlumpur sekali daratnya yang gunanya untuk tempat tinggal mereka.


Bentuk mereka tidak jauh seperti ikan beuntueur(wader) namun untuk ikan glodok agak manjang tidak teralalu lebar,karena bentuknya itu mereka dapat menggunakannya untuk membuat lobang untuk tempat tinggal mereka.Aapabila kita pergi ke muara ataupun sungai dan kita lihat akan ada banyak kita jumpai tempat tinggal ikan glodok yang berbentuk lobangan-lobangan kecil seperti lobang tempat tinggal belut pada umumnya,namun untuk ikan glodok mereka akan membuat lobangnya itu agak teralalu di pinggir seperti belut.

Ikan glodok ialah ikan yang unik karena apabila kita jumpai mereka akan berada di darat di pinggiran air seperti kodok,dan untuk berjalannya mereka akan locat loncat seperti kangguru namun tidak seperti kangguru itumah Cuma ibarat saja,dan ketika mereka berjalan sangat cepat sekali.Mereka sanagat menyukai sekali tempat-tempat yang dingin(tropis),biasanya tumbuhan-tumbuhan bakau akan menjadi salah satu tempat faporit habitat mereka.

Jadi tumbuhan bakau itu sangat banyak sekali manfaatnya selain untuk menahan abrasi itu juga dapat berguna untuk populasi atau habitat hewan ataupun ikan pada umumnya yang hususnya untuk habitat ikan glodok.

Mereka akan memakan ikan-ikan kecil ataupun hewan-hewan kecil jenis serangga,karena di tumbuhan bakau akan terdapat banyak sekali jensi serangga,jadi itu juga salah satau alsannya habitat mereka akan ditemukan disana.

Untuk warnanya ikan glodok agak menyerupai lumpur yang ada disekitarnya,agak seperti ikan pada umumnya,namun ikan glodok sangatlah unik dan lucu karena sirip mereka apabila kita lihat seperti ikan hias pada umumnya.

Banyak sekali manfaat ikan glodok untuk kesehatan konon katanya ikan glodok sangat ampuh sekali untuk obat sesak nafas atau asma,itu sudah menjadi tradisi sejak zaman nenek moyang kita dan masyarakat telah ada yang mencobanya,mungkin itu adalah salah satu inisiatip untuk meyembuhkan sesak nafas secara tradisional.

Itu saja yang dapat saya tuliskan,semoga bermanfaat untuk agan-agan semua,terima kasih.







1 Response to "Ikan Glodok"