Ngaleumeung Nasi Liwet Pake Ikan Wader

Ngaleumeung Nasi Liwet Pake Ikan Wader. itulah judul yang saya akan tuliskan pada kesempatan ini,mungkin agan-agan ada yang belum tahu apa sih ngaleumeung itu?nah untuk itu mari bersama-sama kita pelajari dan kita baca dpada artikel saya kali ini.




Ngaleumeung ialah suatu kegiatan memasak nasi namun dengan cara pakai bambu sebagai wadah memasaknya,kan biasanya kalau memasak nasi liwet itu kadang pakai kastrol,bahkan di magiccom,untuk nasinya itu bebas mau nasi liwet bahkan nasi ketanpun bisa anda lakukan,namun pada umumnya suka digunakan untuk memasak nasi liwet karena akan menghasilkan rasa yang berbeda dan aroma yang berbeda pula.


Nah untuk ngleumeung itu akan lebih baik apabila didalamnya itu dimasukan ikan wader maksudnya ditambahkan ikan wader,karena ikan wader ukurannya kecil jadi dapat beberapa ikan wader dimasukan ke dalam bambu tersebut  dengan beberapa jumlah sesuai keinginan agan,Ikan lainpun bisa asalkan ukurannya menyesuaikan dengan si bambu tersebut.



Untuk itu ada beberapa cara dan bahan yang harus anda perlukan yang diantaranya :

BAHAN

-beras
-bumbu liwet lengkap
-ikan wader
-daun pisang

ALAT

-pisau
-bambu
-korek api

CARANYA

Pertama kita ambil bambu yang ukurannya sekitar pergelangan tangan kita yang ukurannya sekitar 60 cm tergantung kta membutuhkannya,kemudian di potong sehingga menjadi beberapa bagian,ya intinya sehingga menjadi 60 cm an,setelah itu kita bersihkan isi dalam bambu tersebut sehingga menjadi bersih.

Lalu masukan beras tadi sesuaikan dengan bambunya jangan terlalu penuh dan juga jangan terlalu sedikit,bersihkan si berasnya bagaimana seperti halnya kita mau masak nasi liwet,dan masukan bumbu-bumbunya itu,setelah selesai tinggal tutup pakai daun si ujung bambunya agar tertutup,agar tidak kena debu-debu.

Tunggu hingga si airnya sedikit,kemudian setelah airnya sedikit masukan ikan wader tadi yang sudah dibersihan ke dalam bambu yang ada nasinya itu,terus tinnggal paskak lagi sampai si nasi dan ikan wadernya itu masak.

Itu adalah salah satu hal sederhana dan mudah untuk agan-agan lakukan,apalgi ketika mancing disungai yang hususnya mau mancing ikan wader,dan anda tidak usah repot-repot membawa peralatan masak liwetnya,karena dengan ngaleumeung akan menghasilkan rasa dan aroma yang berbeda gan.

Gimana mau nyoba?mudah-mudahan dapat membantu dan menambah wawasan untuk agan-agan semuanya,dan semoga dapat dicoba,terima kasih atas perhatiannya.

1 Response to "Ngaleumeung Nasi Liwet Pake Ikan Wader"